Skip to main content

Penyembuhan Holistik Makin Diminati


Kecenderungan kalangan eksekutif melakukan penyembuhan holistik tampaknya semakin meningkat seiring dengan kesadaran untuk menjalani gaya hidup sehat dan bermunculannya klinik terapi. Dibanding kaum pria, maka kaum wanitalah yang lebih peduli dengan kesehatannya. Mereka ingin mengatasi masalah kesehatannya melalui berbagai metode penyembuhan metafisika.

Hal itu diakui Sumarsono Wuryadi, reiki master dari pusat penyembuhan holistik Graha Sanjiwani. Menurutnya, dalam kehidupan modern serba instan dengan tingkat persaingan yang tinggi saat ini banyak orang yang mengalami penderitaan fisik, psikis dan spiritual. Sehingga, kata dia, pihaknya bersama para praktisi lainnya memberikan penyembuhan dengan reiki, prana, kristal, penyembuhan dengan stimulasi syaraf, akupresur maupun dengan reflexologi yang bersifat menyeluruh (holistik).


"Dari jenis penyakit ringan yang ingin tampil lebih cantik hingga penderita kanker kami berikan terapi dan banyak yang tertolong dari penderitaan penyakit maupun masalah hidup."

Dengan menggunakan energi alam maka mereka yang terlalu gemuk atau kurus, wajah berjerawat, flek dan keriput dapat diatasi tanpa obat-obatan dan diet yang ketat secara alami, tambahnya.

Pelayanan lainnya yang diberikan adalah psikoterapi, konseling, foto aura, konsultasi Feng Shui, bimbingan meditasi hingga bimbingan mengikuti program Keluarga Berencana (KB) secara alami.

Kalau dulu citra masyarakat penyembuhan metafisika berbau klenik, maka kini masyarakat mulai berpaling pada pendekatan alternatif ini dengan harapan dapat merawat dan mencegah penyakit sekaligus memperbaiki kualitas hidup mereka.


Memberikan penyembuhan alternatif ini sejak tahun 1980an, Sumarsono mengakui minat masyarakat untuk penyembuhan holistik ini terus meningkat sehingga disamping memberikan terapi, pengelola Graha Sanjiwani juga memberikan pelatihan-pelatihan agar mereka dapat mengobati diri sendiri dan menyembuhkan orang lain seperti mempelajari Reiki dan Prana serta topik kewaskitaan lainnya.

Penyembuhan alternatif bukan hanya makin laris di Indonesia saja, negeri adidaya seperti Amerika Serikat pun trend masyarakatnya melakukan penyembuhan komplementer maupun alternatif meningkat. Hampir dua pertiga orang dewasa di AS menurut Reuter Health seperti dikutip Tabloid Senior belum lama ini mengungkapkan mereka pernah memanfaatkan penyembuhan komplementer atau alternatif yang meliputi penyembuhan dengan doa hingga penggunaan herbal.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di AS yang melakukan survei pada 31.000 penduduk dewasa menanyakan apakah mereka memanfaatkan 27 jenis terapi seperti akupunter dan chiropractic, penggunaan tanaman herbal atau tanaman obat, diet khusus atau terapi megavitamin.

Ternyata sekitar 36% dari mereka yang disurvei mengaku pernah menggunakan satu atau dua jenis pendekatan penyembuhan alternatif dan jumlah itu menjadi 62% bila penyembuhan dengan doa ikut dimasukkan.

Wanita dan orang-orang berpendidikan tinggi serta mereka yang pernah dirawat di rumah sakit, mantan perokok adalah mereka yang lebih mungkin memanfaatkan jasa pengobatan komplementer atau alternatif ini, ungkap survei itu.

Di Indonesia, wanita dan kecenderungan kaum terpelajar mempelajari penyembuhan holistik atau dengan metafisika ini menurut Sumarsono juga meningkat bahkan dalam lokakarya bulanan yang diselenggarakan Sanjiwani, para dokterpun ikut berpartisipasi.

Salah satu penyembuhan holistik yang ditekuninya adalah dengan menggunakan kristal yang dapat diprogram untuk menyerap energi negatif atau penyakit, memproyeksikan nenergi, memusatkan, memperbesar dan menyimpan energi. Karena kemampuannya itulah, kata Sumarsono, kristal dapat digunakan untuk penyembuhan, memperbaiki fungsi organ dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kristal bukanlah sekedar untuk perhiasan karena banyak manfaat lainnya seperti untuk komponen vital peralatan elektronik, telekomunikasi, mikro komputer, pembedahan dengan sinar laser dan produk mutakhir lainnya. Karena kemampuannya untuk memperbesar, misalnya, peralatan microphone, audio-video memanfaatkan kristal. Begitu juga untuk menyimpan data memori komputer, mentransfer informasi dalam komputer dan switching function dalam dunia elektronik yang rumit semua memanfaatkan kristal.

Selain itu kristal juga dapat digunakan sebagai alat untuk membantu meditasi, melihat masa depan, berkomunikasi dengan benda-benda, tanaman, binatang bahkan berkomunikasi dengan malaikat dan menjadi spiritual guide lainnya.

Hal ini dikarenakan kristal memiliki kemampuan efek piezo elektrik yang dapat mengubah energi kinetik (daya pukulan) menjadi energi listrik atau percikan. Kristal juga memiliki efek piro elektrik yaitu kemampuan untuk menarik kemudian melontarkan energi listrik akibat menumpuknya muatan listrik pada permukaannya.
Dalam kaitan dengan penyembuhan maka kristal diaktifkan dan dikuatkan melalui simbol-simbol reiki sehingga vibrasi dan segala keistimewaan yang ada pada kristal dapat dilipatgandakan ke tingkat cahaya dengan arus energi yang kuat.


Pada tubuh manusia memang berisi ratusan lokasi tempat yang terkonsentrasi energi tinggi, namun secara umum pusat energi yang disebut chakra itu ada tujuh dimana ditempat itu kita dapat menerima, mengirim dan memproses energi kehidupan.

Tiap chakra berhubungan dengan energi fisik, emosi, mental dan spiritual manusia. Seperti sebuah jaringan, maka melalui chakra itulah tubuh, pikiran serta semangat dalam diri sesorang akan saling berinteraksi satu sama lain dalam satu kesatuan sistem holistik.

Masing-masing chakra juga mempunyai hubungan dengan salah satu dari beberapa kelenjar sistim endokrin tubuh kita. Untuk chakra mahkota, misalnya, berfungsi meningkatkan fungsi otak bagian atas karena itu dia bertugas mengelola, memelihara organ yang ada disekitarnya seperti kelenjar pineal, sistem pusat susunan syaraf dan mata sebelah kanan.

Chakra lainnya seperti chakra solar plexus, misalnya bertanggungjawab untuk mengelola, menjaga organ disekitarnya seperti pankreas, adrenalin, perut, hati, empedu, sistem syaraf dan otot-otot. "Jadi kalau ada gangguan penyakit diseputar itu maka kristal sebagai alat penyembuh akan ditempatkan di chakra yang berada di atas pusar dan di bawah jantung ini," kata Sumarsono yang juga Ketua Forum Komunikasi Paranormal dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI).

Diaktifkan

Tentu saja untuk memanfaatkan kristal sebagai alat penyembuhan maka melalui proses pembersihan, pengaktifan dan pengisian terlebih dulu. Ada bebarapa cara untuk mengaktifkan kristal dan cara termudah, ujarnya, adalah dengan memegang kristal di tangan kiri dan rasakan denyut atau vibrasinya. Setelah itu sudah dapat digunakan untuk penyembuhan.

Untuk pengisian juga banyak caranya namun yang paling cepat adalah memasukkan energi reiki ke dalam kristal. Setelah penggunaan maka batu kristal dibersihkan dengan mencuci dengan air garam atau disemprot dengan alkohol kemudian simpan kembali dalam kantong kulit, sutera, atau wol.

Kristal adalah batu mulia yang transparan yang memiliki warna. Setiap warna sama baiknya seperti nuansa dari sebuah warna yang ditemukan dalam vibrasi chakra-chakra, aura dan tubuh energi.

"Kristal atau batu mulia transparan ini akan membawa kita ke dalam vibrasi cahaya yang membebaskan energi kita dari sesuatu yang membebani (energi negatif) dan meningkatkan pancaran cahaya kita. Karena itu menempatkan kristal di chakra tertentu di sesuaikan dengan warna chakra," jelas Sumarsono.

Chakra Mahkota, misalnya, berwarna violet atau ungu, chakra alis atau kening warnanya indigo atau biru tua, chakra tenggorokan warnanya biru langit, chakra jantung berwarna hijau atau warna kedua merah muda (pink), chakra solar plexus berwarna kuning, chakra pusar berwarna merah muda dan orange dan chakra dasar warnanya merah atau hitam

Untuk penyembuhan maka berdasarkan intuisi dan petunjukNya maka para penyembuh holistik seperti Sumarsono dapat memilih jenis batu kristal dan dichakra mana harus diletakkan.

"Kristal untuk kesembuhan ini berdasarkan bentuknya ada yang seperti bola, lonjong, piramid, bersisi banyak, cembung, bentuk tugu. Kristal Phantom biasanya digunakan untuk meditasi dan penyembuhan yang bersifat spiritual serta berkomunikasi dengan orang suci. Ada juga kristal Scalpel untuk pembedahan dan cahaya energi dari batu-batu itu diarahkan ke daerah tertinggi dari salah satu tubuh energi kita selama penyembuhan dengan bantuan reiki.,"

Kristal yang diletakkannya pada ke tujuh cakra utama maka akan mengaktifkan setiap cakra. Kristal Garnet, misalnya yang berwarna merah akan memberikan efek menggembirakan dan meningkatkan vitalitas tubuh. "Jadi kalau wanita merasa lagi loyo, kurang bersemangat bisa pakai perhiasan dengan kristal merah supaya lebih bergairah," tandasnya.

Cornelian yang berwarna oranye manfaatnya untuk kehangatan dan meningkatkan kegairahan hidup sehingga kaum pria yang kehilangan gairah seksualnya bisa di terapi dengan menempatkan batu ini pada chakra pusar, tambah Sumarsono.

Untuk ketenangan hati dan kebaikan bisa menggunakan Olivine yang berwarna hijau, sedangkan batu Emerald yang berwarna hijau zamrud dapat memberikan rasa cinta universal kepada semua makhluk, bumi dan alam semesta. Sementara untuk menciptakan keharmonisan dan lebih familier pada kekuatan dan perasaan sendiri bisa menggunakan batu Sugilite.

Dalam penyembuhan ini bisa saja beberapa kristal ditempatkan pada satu chakra, misalnya, untuk menghilangkan sakit kepala maka batu Rose Quartz atau Aventurine diletakkan di sekitar kepala selama lima menit dan untuk sakit kepala yang berat dapat ditambahkan peletakan kristal di pelipis dan dibelakang kepala yang berbatasan dengan leher.

"Prinsipnya pengobatan dengan kristal ini bisa untuk berbagai macam penyakit dari yang bersifat kejiwaan, menunda manapouse hingga segala macam kanker dan HIV/AIDS. Kecendrungan orang untuk melakukan penyembuhan secara holistik seperti dengan terapi kristal ini makin tinggi terutama pada kaum wanita yang lebih peduli pada kesehatan," kata Sumarsono yang sudah menerapkan pengobatan ini sejak tahun 1980an.

Dia mengatakan pengobatan seperti ini bisa dipelajari dan batu kristal untuk penyembuhan ini juga mudah didapatkannya. Penyembuhan reiki dan kristal ini juga bisa untuk pengobatan jarak jauh dengan menyusun formasi kristal, mengisi dengan reiki dan menggunakan foto orang yang akan disembuhkan

"Siapapun yang fotonya diletakkan ditengah tengah formasi akan menerima energi reiki secara terus-menerus selama 24 jam sehingga tempat dimana ada penyakit insyaallah dapat disembuhkan," tandasnya. 

Sumber: Majalah Nirmala
Published on: Penyembuhan Holistik Makin Diminati
Oleh : Hilda Sabri Sulistyo
Photo courtesy of holistixbythesea.com | eleonora.ie

Popular posts from this blog

Manfaat Batu Kristal

Batu kristal merupakan batuan mineral yang berusia jutaan tahun yang lalu. Keindahan Batu Kristal Alami atau biasa disebut Rock Crystal memang tiada duanya. Bentuknya secara alami memang indah dan menarik. Warna dan bentuk seperti es yang menyejukan dan dingin. Pada beberapa literatur dan film menggambarkan batu kristal mempunyai daya magis dan supranatural yang kuat.  Tentunya cerita dalam karya fiksi memang berhubungan kuat dengan hal-hal nyata yang terjadi di dunia. Selain untuk perhiasan, batu kristal juga dapat dijadikan sebagai media pengobatan. Lebih daari itu, batu kristal dapat mengubah aura negatif menjadi positif. Sejarah Batu Crystal Abad pertengahan di Eropa, batu kristal dipercaya dapat memprediksi kejadian yang akan terjadi melalui bola-bola kristal. Sampai saat ini, Rock Crystal masih dipercaya mempunyai daya penyembuhan yang mumpuni. Beberapa pengobatan alternatif dan Dokter-dokter modern menggunakan batu kristal untuk memijit atau menotok

Chakra Sebagai Pintu Masuk Energi Alam Semesta

Saat belajar Reiki akan diperkenalkan istilah chakra . Apakah chakra itu? Chakra adalah pintu gerbang energi dari alam semesta ke dalam tubuh energi manusia dan keluar kembali ke alam semesta juga lewat chakra. Ketika pertama kali mempraktekkan self healing , sehat dengan reiki belum merasakan aliran energi tetapi seiring berjalannya waktu aliran energi akan mengalir begitu saja ketika diniatkan bekerja.  Baca: Meditasi Warna untuk Membersihkan 7 Chakra Mayor Dalam pembelajaran Reiki dalam tubuh kita terdapat sekitar 320 titik chakra yang masing-masing dihubungkan oleh 72.000 meridian. Berbagai penyakit dapat dideteksi sekaligus diterapi penyembuhannya melalui chakra . Namun ada juga yang menyebut keberadaan chakra dalam tubuh berjumlah 365. Chakra mengatur masuk dan keluarnya energi kepada organ-organ tubuh di sekitar chakra agar tetap berfungsi dengan baik dan sehat. 

Kaitan Emosi dan Tingkat Spiritualitas

Emosi psikologis adalah hasil dari pikiran yang dapat menjadi selubung gelap di sekitar Jiwa/ Roh kita, Sehingga emosi akan menjauhkan kita dari hakekat adanya Tuhan di dalam diri kita. Ketika seseorang tumbuh secara spiritual, kemungkinan orang tersebut untuk bertindak secara emosional akan berkurang. Karena dia sudah mencapai kondisi pikiran yang lebih seimbang, sehingga tidak lagi mudah emosional. Seorang wanita muda pada tingkat pencapaian spiritual yang masih rendah mung kin akan melempar makian dan marah-marah bila tidak mendapatkan pelayanan seperti yang diingankan, dan kemungkinan dia akan tenggelam dalam kegalauan selama berhari-hari dalam melampiaskan kekecewaannya. Namun bila mereka telah mencapai tingkat pencapaian spiritual yang lebih tinggi, maka mereka akan dapat tetap tenang, bahkan saat mendapat berita yang lebih dahsyat lagi, misalnya didiagnosa dengan penyakit yang tidak bisa disembuhkan seperti kanker atau AIDS. Demikianlah, semoga menjadi ba