Skip to main content

Terapi Bunga untuk Kesehatan Anda


Terapi Alternatif Dengan Bunga | Jauh sebelum peradaban modern, terapi bunga adalah bagian dari banyak tradisi ritual. Kita akrab dengan ritual tradisi mandi bunga, atau siraman, dalam budaya Jawa. Ritual ini konon mampu untuk menghapus nasib buruk dan mengembalikan energi positif. Sementara mandi bunga biasanya menjadi bagian dari upacara pernikahan atau digunakan untuk membantu menyembuhkan orang yang sakit.

Para psikolog mengatakan bahwa sebagian besar penyakit berasal dari pikiran. Dan, jika pikiran kita dijaga, penyakit-penyakit fisik akan sembuh sendiri. Satu terapi yang percaya filosofi ini adalah terapi bunga. Juga disebut obat-obatan bunga Bach. Tidak seperti sistem obat yang biasa, terapi ini digunakan terutama untuk kesejahteraan emosional dan spiritual. Terapi ini digunakan setelah mendiagnosis gejala-gejala psikologis dan obat-obatan yang diberikan kepada pasien dapat menyembuhkan masalah-masalah fisik juga. 

Terapi ini efektif untuk anak-anak, ibu hamil dan orang lanjut usia juga. Terapi bunga membantu berbagai ciri-ciri perilaku yang bermasalah-mulai dari ketidakpastian, daya paham yang lemah, masalah ngompol pada anak-anak, hingga sifat workaholic, stres setelah melahirkan, khayalan dan banyak masalah lainnya. Obat-obatnya diproduksi dari ekstrak (bukan inti) bunga-bunga yang berbeda.

Obat-obat ini tersedia dalam bentuk yang berbeda-beda seperti bentuk cairan atau tablet, dan dapat dimakan bersama konseling yang rutin. Terapi bunga tidak ada efek samping. Jika diberikan dengan benar, terapi bunga mengangkat mood dan mencegah stres. 

Hasilnya mungkin tidak instan seperti allopathy, tetapi relatif cepat-dari 2 sampai 3 minggu hingga 2 sampai 3 bulan. Mayoritas adalah murid-murid yang menderita stres, kurang konsentrasi dan isu-isu yang berkaitan dengan memori. Sementara rakyat semakin sadar akan pentingnya terapi alternatif, terapi bunga dapat bertahan lama dalam mempromosikan kesejahteraan emosional mereka.

Namun, kini bunga telah menjadi bagaian dari penyembuhan holistik di seluruh dunia. Dunia mengakui bunga dapat memiliki efek terapeutik, tetapi yang kita ketahui mungkin hanya didasarkan pada bagaimana warna mereka dapat menyegarkan suasana hati atau aroma bersantai.

Padahal keajaiban bunga, lebih dari itu. Teorinya adalah bahwa bunga sama seperti makhluk hidup lainnya yang memiliki energi alami – atau chi. Energi alami bunga adalah positif – menggembirakan, penuh cinta dan penyembuhan; ini yang ditawarkan terapi esensi/sari bunga.

Sejak dahulu, masyarakat Indonesia sudah mengenal manfaat bunga yang digunakan secara tradisional seperti mandi bunga. Masyarat Indonesia tidak memperhatikan dengan teliti kenapa mandi bunga dapat berguna untuk kesehatan.

Pada tahun 1930 seorang dokter dari Inggris yang bernama Edward Bach menemukan korelasi positif antara bunga dan manusia. Bach menulis buku berjudul Heal Thyself (sembuhkan diri Anda sendiri), yang memuat teori penggunaan energi bunga untuk menanggulangi kesehatan manusia. Dalam bukunya, Bach mengurai 38 jenis bunga yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. 

Energi bunga secara umum digunakan untuk gangguan psikosomatis. Dr. Richard Gerber dalam bukunya, Exploring Vibrational Medicine, menyatakan flower essence could cure and improve not only physical but also emotional, mental and spiritual of human's health. Maksudnya, energi bunga dapat menyembuhkan dan meningkatkan kondisi kesehatan manusia secara utuh, baik fisikal, emosional, mental, bahkan spiritual.

Ketika WHO menghimbau dan menganjurkan para pakar research untuk memikirkan dan menciptakan obat-obatan yang bebas dari bahan kimia dan bahan yang dapat merusak tatanan sel-sel tubuh dan kesehatan manusia. Prof Dr Diana Mossop Ph. D (MA) MD dari Inggris telah berhasil melalui penelitiannya menciptakan formula produk phytobiophysics yang berprinsip pada pemanfaatan energi cahaya matahari.

Dapat diberikan contoh yang mudah dan sangat mendasar, seperti pohon hias dalam pot, apabila ditaruh secara terus menerus didalam ruangan tertutup, maka dalam waktu yang tidak lama pohon tersebut akan layu atau sakit. Bukan karena kurang pupuk atau kurang air tetapi karena tidak mendapatkan cahaya matahari. Ketika dikeluarkan dan ditaruh kembali dibawah pancaran sinar matahari maka dalam waktu beberapa hari saja pohon tersebut akan segar karena terobati oleh energi sinar matahari.

Esensi atau sari bunga bekerja di tingkat getaran. Mereka memiliki kekuatan untuk meningkatkan getaran fisik kita, membawa tubuh dan jiwa kita ke dalam harmoni. Tidak seperti aromaterapi, yang bekerja di tingkat fisik dan emosional, terapi sari bunga dapat masuk lebih dalam dan beroperasi pada tingkat mental dan spiritual.

Oleh karena itu, terapi ini adalah sebuah alternatif untuk pengobatan psikotropika dalam perawatan sehari-hari misalnya stres, depresi, suasana keprihatinan, ketakutan, kecemasan dan masalah-masalah emosional lainnya. Masalah emosional yang tidak sehat adalah "inti penyakit", maka dengan penyembuhan "inti batin" diyakini dapat membantu mengatasi penyakit fisik. Sakit kepala dan insomnia, misalnya, bisa menjadi akibat dari stres, dan dapat diperlakukan dengan menggunakan energi atau esensi dari bunga camelia dan bunga teratai.

Bagaimana untuk "membuka" energi bunga? Ada beberapa langkah sederhana. Pertama, Kita harus mempersiapkan bunga-bunga segar yang kita inginkan ketika mereka mekar penuh. Waktu terbaik untuk memetik bunga adalah setelah matahari terbit, atau sekitar pukul 6:30, ketika bunga-bunga itu mengeluarkan energi terbaiknya. Langkah kedua adalah meletakkan bunga ke dalam vas kristal atau kaca dan mengekspos mereka ke matahari di tengah hari selama sekitar tiga jam. Sinar matahari akan melepaskan energi bunga ke dalam air. Air itu kemudian diminum atau digunakan untuk berendam di dalam bak mandi.

Bahkan kini esensi bunga telah diproduksi dalam bentuk tablet. Konon, gula sukrosa yang terkonsentrasi ke tablet disinyalir bebas dan aman dari bahan kimia. Hal ini penting, karena esensi bunga memiliki reputasi yang efektif dan aman untuk digunakan. Banyak orang mencari esensi bunga karena bersifat alami, nontoxic dan tanpa efek samping berbahaya. Terapi dapat juga dilakukan untuk bayi, wanita hamil atau menyusui dan orang tua. Sejauh ini belum ditemukan gejala-gejala alergi karena menggunakan terapi bunga ini.

Esensi bunga terapi dalam bentuk yang sekarang, konon telah digunakan di seluruh dunia selama lebih dari 70 tahun. Terapi menjadi populer dari Bach Flower remedies, bernama Dr Edward Bach, yang mengembangkan pengobatan di tahun 1930-an. Bach adalah salah seorang bakteriologi Inggris dan ahli homoeopati kini berpaling untuk mengembangkan kekuatan penyembuhan bunga karena ketidakpuasan pengobatan dengan obat-obatan modern.

Bach percaya bagian yang sangat penting dari teka-teki yang hilang dari obat modern adalah hubungan antara emosi dan kesehatan atau penyakit. Dia kemudian menemukan 38 bunga dengan kemampuan penyembuhan, untuk mengobati "perasaan negatif" seperti marah, takut, rasa bersalah, rendah diri, rasa percaya diri yang rendah dan cemburu. Sekarang ini, diperkirakan jumlah bunga yang dapat digunakan untuk terapi ini sekitar 400 jenis. Tapi pada hakikatnya semua bunga dapat membantu. Semua jenis bunga dapat dimanfaatkan energinya.

Sebagai pedoman kita mengkategorikan warna bunga disesuaikan dengan kekuatan penyembuhan mereka. Bunga werwarna Biru dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah tenggorokan, sedangkan yang hijau membantu menyembuhkan permasalahan yang terkait dengan hati. Bunga kuning dapat digunakan untuk pankreas dan masalah hati. Bunga ungu membantu menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan kepala dan bunga-bunga merah dapat digunakan untuk masalah usus dan darah.

Sedangkan bunga berwarna putih dapat bekerja untuk menyembuhkan seluruh tubuh yang dirasa ada gangguan. Mawar putih, misalnya, dapat digunakan untuk anti penuaan dan pelepasan emosional. Bunga putih seperti teratai, yang melambangkan spiritualitas, bekerja sebagai penyelamat obat yang menyembuhkan trauma dan shock mendalam.

Untuk memilih esensi bunga yang tepat untuk pengobatan dan penyembuhan tertentu kini telah tersedia sebuah alat yang disebut "aura kit". Alat kecil ini berisi puluhan botol, masing-masing berisi energi bunga tertentu bubuk atau pil. Pasien diminta memasukkan jari ke masing-masing botol. Bila jari terasa kesemutan seperti ditarik magnet itu berarti pasien membutuhkan esensi bunga tertentu.

Sebagai contoh, jika jari pasien merasa ditarik oleh magnet pada botol No 7, orang itu kemungkinan besar memerlukan esensi anggrek formula. Selain itu, pasien bisa memeriksakan keadaan mereka dengan menggunakan foto dan video aura. Ini hanya untuk cross-cek dan untuk mendapatkan kesehatan rinci garis besar.

Pasien dikenai biaya sekitar Rp 250.000 hingga Rp 350.000 untuk pengecekan ini. Sedangkan bila pasien yang benar-benar perlu mengambil esensi bunga pil sebagai obat mereka bisa membelinya untuk sekitar Rp 175.000 per botol.

Berapa lama terapi pengobatan ini dilakukan? Lamanya tergantung pada penyakit yang diderita. Begitu gangguan emosi telah pergi, perawatan harus dihentikan, karena esensi bunga terapi tidak bertindak untuk mencegah penyakit, vitamin atau suplemen. Sebaliknya, kekuatan bunga bekerja seperti melepas simpul: Setelah simpul dilepas, maka pasien tidak perlu melanjutkannya lagi.

Dengan pikiran tenang dari berbagai keadaan emosional yang mengganggu kita, esensi bunga memberikan kontribusi berupa terapi penyembuhan roh, pikiran dan tubuh. Bunga terapi esensi bekerja untuk melepaskan simpul dan dan keseimbangan tubuh astral.

Siapa yang sudah biasa menggunakan terapi bunga ini? Beberapa artis terkenal luar negeri sudah merasakan manfaat terapi bunga ini. Contohnya Jennifer Aniston. Dia mengatakan terapi bunga membuat dia tenang di bawah tekanan. Juga Cate Blanchett dan Salma Hayek telah menjadi penggemar terapi bunga ini selama bertahun-tahun.

Nah, kenapa kita sekarang tidak mencoba menanam sendiri tumbuhan yang berbunga ini di pekarangan rumah kita? Selain rumah kita semakin indah, sari bunganya juga bermanfaat bagi kesehatan

Pengobatan Bunga Bach

Dr.Edward Bach(1880-1936) pension dari prakteknya di London pada tahun 1930 untuk membaktikan 6 tahun sisa hidupnya untuk menyempurnakan metode rumit penyembuhan dengan sari bunga. 38 obat yang memakai namanya. Bekerja pada konflik mental dan emosional yang olehnya dianggap ada pada penyebab utama segala penyakit. "tidak ada penyembuhan sejati kecuali ada perubahan dalam pandangan. Ketenangan pikiran dan kebahagiaan batin." Tulisnya.

Obat-obatan itu adalah sari tumbuh-tumbuhan murni yang diawetkan dalam minuman keras. Seperti dalam homeopati, obat2 itu cukup dicampur air untuk menyembuhkan pada tingkat yang paling sulit. Obat-obat itu dikelompokkan dalam 7 kelompok.
  1. Ketakutan (Takut sekali – bunga mawar karang; ketakutan khusus – mimulus; takut kehilangan pengendalian – prem ; takut akan yang belum dikenal – aspen ; takut orang lain – kastanya).
  2. Ketidakpastian (kekurangan kepercayaan diri – cerato ; bimbang – scelerantus ; mudah kecil hati – gentian ; amat putus asa – gorse ; kekurangan energi fisik dan mental – hornbeam ; tak pasti akan karier dan tujuan hidup – gandum liar).
  3. Kesepian (Tersendiri dan terpusat pada diri sendiri – air ; kritik dan mudah terganggu – impatients ; pencari perhatian yang tidak terkendali – pemanas)
  4. Tidak tertarik pada keadaan sekarang ( Pemimpi linglung – cleimatis ; hidup di masa lampau – kamperfuli ; acuh tak acuh – bunga mawar liar ; terlalu kelelahan – oliva ; perdebatan batin terus menerus – kastanya putih ; depresi – anostar ; tidak mampu belajar dari kesalahan sendiri – pucuk kastanya).
  5. Terlalu peka pada pengaruh dan gagasan (siksaan mental tersembunyi – agrimoni ; terlalu tunduk – cantaury ; "pencetus hubungan", perlindungan perlindungan bagi mereka selama perubahan hidup berlangsung – kenari ; keadaan jiwa yang amat negatif – holly).
  6. Patah semangat dan putus asa (kekurangan kepepercayaan dan kemampuan – cemara ; rasa salah dan menghukum diri – cemara ; tertimbun sementara pada besarnya tugas – elm ; cemas dan putus asa – kastanya manis ; kejutan mendadak – bintang betlehem ; dendam – willow ; lelah karena terlalu bertanggung jawab – jati ; pembersih penyakit fisik dan psikologis – apel kepiting).
  7. Terlalu menaruh perhatian pada kesejahteraan orang lain (terlalu mau memiliki – chicory ; keras dan suka menentang – vervain ; kemampuan memimpin tapi menyalahgunakan kekuasaan – tumbuh2an merambat ; pancari kesempurnaan – air karang).
Obat yang cocok dapat dipilih dengan bantuan praktisi, meskipun pengobatan dilakukan sendiri juga dianjurkan sebagai latihan penemuan diri. Obat-obat untuk ternak, juga baik untuk binatang, tak berbahaya, tak mahal dan dapat dipakai dalam gabungan lima macam waktu yang bersamaan. Dua tetes empat kali sehari, merupakan dosis yang biasa, atau murni atau dalam cairan.

Obat-obat itu menurut kata orang bekerja hampir seketika untuk penyakit sementara dan dalam jangka waktu lama untuk penyakit yang lebih berurat berakar. Praktisi juga menganjurkan agar setiap keluarga sebaiknya mempunyai "obat pembebas" Bach, gabungan 5 obat, tak ternilai untuk darurat dan syok tiba-tiba.

Sebagai informasi lebih lanjut, saya juga pernah memakai produk Bach rescue remedy, bukan bermaksud beriklan, tetapi memang sangat membantu terutama bagi orang yang mudah sekali resah seperti ketika naik pesawat dan sebagainya.

Semoga informasi ini dapat membantu anda semua mengenal salah satu pengobatan dengan bahan herbal.

Terapi Bunga Bach: A Cure Untuk Gangguan Mental Berkaitan Untuk ADHD.

ADHD adalah suatu kondisi kesehatan mental dengan gejala hiperaktif, kurangnya perhatian dan impulsif menjadi penyebab utama selain sejumlah gejala kentara, atau tidak mudah diidentifikasi lainnya. ADHD adalah lazim di kedua anak maupun orang dewasa dengan tanda-tanda pertama yang terlihat pada anak usia dini, sekitar usia tujuh tahun. Karena ini adalah usia yang semakin penting dan waktu ketika anak-anak pergi ke sekolah, adalah penting bahwa gejala ADHD dianalisa dengan baik dan perawatan yang tepat memulai untuk itu.

Karena obat yang digunakan untuk ADHD bisa sangat kuat, mereka dapat memiliki efek buruk pada anak otak menyebabkan berbagai kerusakan seperti pertumbuhan terbelakang dan kondisi mental lebih buruk dari apa yang sudah ada. Sebagai obat ini ADHD terutama penekan saraf, adalah layak untuk mencari obat ringan atau obat alami yang dapat memberikan hasil yang sama tapi tanpa menimbulkan efek samping yang keras. terapi bunga Bach adalah salah satu obat tersebut yang dianggap sebagai pengganti yang baik untuk obat-obatan allopathic kuat yang digunakan untuk ADHD.

ADHD tidak memiliki obat yang lengkap dalam obat allopathic, karena mereka hanya memberikan obat sementara dan harus dilakukan secara terus, yang bisa sangat berbahaya bagi anak yang sedang tumbuh. Bach bunga terapi di sisi lain menggunakan ekstrak alami bunga untuk menenangkan kondisi terganggu saraf. terapi bunga Bach tidak menyebabkan efek samping, selain mutu terapeutik adalah jauh lebih tinggi dan dapat memberikan bantuan bahkan setelah Anda berhenti menggunakan obat tersebut.

terapi bunga pada dasarnya Bach menggunakan ekstrak bunga 38 yang memiliki sifat kuratif yang berbeda digunakan untuk mengobati berbagai kondisi mental seperti hiperaktif, kurang konsentrasi, impulsif, stres, kemalasan, kegelisahan dan masalah lainnya yang berhubungan dengan ADHD atau gangguan mental yang berbeda. Meskipun tidak ada bukti tertulis terapi bunga Bach menjadi obat utama untuk ADHD, itu telah digunakan selama puluhan tahun untuk menyembuhkan gangguan ini. ADHD pasien telah menunjukkan untuk mendapatkan hasil yang sukses dengan terapi bunga Bach.

Banyak orang telah dibawa ke terapi bunga Bach terutama bagi anak-anak ADHD karena sifatnya ringan dan tidak ada efek samping. Hal ini diyakini untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi tingkat hiperaktivitas hampir nihil. Sebagaimana telah begitu banyak kualitas obat, terapi Bach bunga sekarang sedang banyak dianjurkan oleh para terapis sebagai obat ideal untuk ADHD dan popularitasnya perlahan-lahan tumbuh di antara orang dewasa ADHD maupun para orang tua dari anak-anak ADHD, mencari obat-obatan ringan untuk anak mereka.

Manfaat Bunga Bach Remedies

Tampaknya sulit untuk memahami bagaimana kita mendapatkan ke dalam situasi tertentu. Hidup mungkin tampak tidak adil atau kita mungkin merasa bahwa kebahagiaan kita pantas lolos kita. Masalahnya sering kali terletak pada mencoba mengendalikan lingkungan kita – tempat kita hidup dan orang-orang kita hidup dengan – bukan mengendalikan perasaan kita. Ini tidak pernah bekerja dan hanya menambah perasaan ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan. Jika kita selalu bereaksi terhadap hal-hal yang terjadi dalam mode spontan kita menyerah kontrol. Acara merasa terlalu besar untuk menghadapi dan kita merasa tak berdaya. Ini adalah di mana pengobatan masuk Bach Flower Remedies membantu kita untuk mengendalikan perasaan kita. Dalam melakukannya, mereka memberi kita kebebasan dari orang dan situasi yang menyebabkan kita masalah

Dengan mengambil alih cara kita merasa, bukannya lebih peduli dengan orang di sekitar kita, kita menanggapi kehidupan up dan turun dengan kontrol benar dan intelijen. Ada 38 obat dan masing-masing sesuai dengan keadaan emosi yang berbeda negatif. Obat membawa Anda dari keadaan negatif ke yang positif dengan lembut menghapus sumbatan dan memungkinkan penyembuhan emosional untuk mengambil tempat. Pekerjaan pertama Anda adalah untuk mengidentifikasi perasaan negatif Anda dan pilih obat yang sesuai untuk menempatkan Anda kembali dalam keseimbangan.

Beberapa contoh negara negatif yang dapat seimbang dengan obat:
ketidakpercayaan
ketakutan dan kecemasan
amarah dan kebencian
mengasihani diri sendiri
kesalahan
kurangnya ketegasan
yang mudah dipimpin
putus asa dan putus asa
kurangnya motivasi
kecemburuan
panik
kesedihan
ketidaksabaran
ketidaktoleranan
kelelahan
keraguan
merasa kewalahan
kerinduan
kesendirian
citra diri yang buruk
keputusasaan
khawatir
syok
apati
kaku dilihat
ketidaktoleranan
kesulitan dengan perubahan
membanjiri dan banyak, banyak lagi!

Dr Bach menciptakan sebuah sistem penyembuhan holistik yang benar-benar. Satu solusi meningkatkan kehidupan Anda di setiap tingkatan – emosional, mental, fisik dan spiritual. Sistem ini bekerja sangat sederhana. Dengan memperlakukan cara Anda berpikir, Anda mengubah cara Anda merasa. Dengan mengubah cara Anda merasa, Anda meningkatkan rasa kesejahteraan. Meningkatkan rasa kesejahteraan akhirnya meningkatkan health.They Anda tidak memiliki efek samping dan aman untuk semua keluarga termasuk bayi kecil dan orang tua karena mereka bertindak sedemikian cara yang lembut. Ketika Anda mengupas lapisan-lapisan negatif Anda mulai merasa mengendalikan emosi Anda. Apa yang Anda capai adalah rasa yang kuat batin, sukacita damai dan cinta. Kebahagiaan Anda berada dalam kendali Anda!

Menurut para peneliti, ada lima langkah sederhana mencapai kesehatan secara menyeluruh. yaitu:
  1. Melepaskan hambatan atau blocking energi yang disebabkan oleh ketidakharmonisan emosional dan spiritual
  2. Melawan vibrasi beracun disebabkan oleh kehidupan modern
  3. Menstabilkan emosi, hal ini memungkinkan tubuh untuk membereskan problem fisik yang terkait dengan hal tersebut
  4. Membantu asimilasi gizi dalam tubuh
  5. Mendukung kemampuan alami penyembuhan yang dimiliki tubuh hingga tingkat yang sangat mendalam.
Trauma emosional salah satu problem yang paling mengganggu dalam kehidupan kita. Misalnya, orang yang merasa hidupnya bahagia dan dapat mengisi waktu-waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat serta menyenangkan hatinya, pada umumnya jarang sakit.

Sebaliknya, orang yang merasa hidupnya kurang bahagia (sial) dan waktu-waktunya dihabiskan untuk hal-hal yang bertentangan dengan apa yang disukainya, maka ia menjadi mudah sakit akibat faktor kejiwaan (psikis).

Hanya mengandalkan vitamin saja, umpamanya, kesehatan yang hakiki tidak mungkin dapat diraih. Mengapa? Adanya blocking energi akibat hal-hal yang psikis itu, seseorang mudah terganggu pencernaannya, dan ini pun akan menguras gizi yang ada dalam tubuh kita.

Mandi Bunga

Tetapi energi, semisal dengan vibrasi energi bunga, bekerja untuk menstabilkan medan energi, maka sistem pencernaan pun berfungsi dengan baik. Sehingga tubuh memiliki kemampuan melakukan asimilasi gizi. sementara metode untuk memanfaatkan energi bunga yaitu, mandi bunga, dan cara modern tidak harus tujuh rupa serta tidak harus pada tengah malam. Karena jika fisik kurang fit, malah masuk angin atau kambuh rematiknya.

Manfaat mandi bunga dengan mudah dirasakan ketika seseorang dalam kondisi sedang gelisah, tegang atau stres. Karena itu, orang-orang tradisional mengobati orang yang jiwanya sedang terganggu dengan cara dimandikan air bunga, bahkan termasuk orang yang telat umur belum juga menikah pun disarankan agar sering mandi bunga tujuh.

Bagaimana memanfaatkan bunga? Ada berbagai cara menggunakan bunga sebagai obat. Yaitu, sebagai obat oral (dimasukkan/dimakan) dan sebagai obat luar. Namun ada cara yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa pun. Cara termudah memanfaatkan bunga untuk diambil energinya, adalah dengan cara yang sudah dikenal oleh nenek moyang kita berabad-abad silam. Yakni mandi bunga.

Menurut para pakar, memanfaatkan energi bunga yang benar adalah:
  • Masukkan berbagai bunga yang sedang mekar penuh, yang memiliki energi positif (semisal: mawar, melati, kenanga, dll) ke dalam wadah (ember, dll) berisi air putih (bersih). Lebih sempurna jika wadah itu terbuat dari kristal, karena bahan ini memiliki daya serap lebih tinggi sehingga meningkatkan kekuatan vibrasi
  • Jemur pada sinar matahari minimal 3 jam. Lebih lama lebih baik. Sinar matahari membantu melepaskan energi bunga ke dalam air. Ketika bunga-bunga itu sudah layu, maka energi bunganya sudah menyatu dengan air dan siap digunakan untuk mandi
  • Dalam proses menjemur bunga dalam air pada panas matahari, sebaiknya dilakukan sendiri. Usahakan orang lain tidak ikut membantu atau menyentuhnya. Ini berkaitan dengan kemungkinan terjadinya proses pemindahan energi bunga
  • Setelah dianggap cukup waktu, diamkan sejenak, atau gunakan air bunga itu untuk mandi setelah airnya dingin. Dan air bunga itu dapat digunakan sebagai obat. Sedangkan untuk mempertahankan energinya, pindahkan air itu ke dalam botol kedap cahaya dan menjauhkannya dari cahaya matahari secara langsung. Untuk mempertahankan energi, dapat menyampur air itu dengan alkohol, atau beberapa tetes Brendy sebelum disimpan.
Cara mengambil energi bunga yang paling sederhana ini sering digunakan untuk tujuan rileksasi. Bahkan pada kalangan tertentu cara ini digunakan untuk terapi dari gangguan kejiwaan (depresi, stress, dll).

Dari pengamatan Dr Bach, setelah mengamati banyak manusia, ia menyimpulkan sikap mental, seperti ketakutan, kecemasan, tidak percaya diri dan rasa ingin memiliki itu sama artinya dengan menyiapkan dirinya menghadapi serangan penyakit.

Sebaliknya, jika pola pikir orang itu menjadi positif, melalui penggunaan terapi bunga atau terapi energi lainnya, maka penyakit akan pergi karena tidak dapat bertahan lebih lama lagi.

Dr Bach menyadari kerusakan yang ditimbulkan oleh penyakit, ada kemungkinan sulit diperbaiki lagi, tetapi ia meyakini banyak penyakit dapat dihindarkan dengan mengubah sikap mental. Jadi, obat-obatan versi Bach (dengan energi bunga) juga dimanfaatkan untuk mencegah penyakit sekaligus mengurangi pengaruh dari situasi dan kondisi yang tidak dapat dihindarkan.

Terapi Energi Bunga, dari Minum Pil Mini Hingga Mandi Bunga

Dalam pengertiannya yang sederhana, terapi energi bunga sesungguhnya bukan hal luar biasa bagi kita. Setidaknya secara tradisional kita sudah pernah melihat, atau mungkin melakukannya sendiri. Misalnya dengan mandi bunga atau berendam dalam air bunga, seperti yang lazim dilakukan oleh masyarakat Jawa. Kebiasaan minum air rendaman bunga yang telah diinapkan semalam, dan membasuhkan sebagian di wajah, juga merupakan terapi energi bunga secara tradisional.

Sampai sekarang masih sering dilakukan ritual mandi bunga bagi calon pengantin Jawa. Untuk apa? Mandi bunga dipercaya membantu membersihkan cakra-cakra dan menebalkan aura pada diri calon pengantin. Pembersihan dan penguatan aura ini meningkatkan kebugaran psikis, yang akan berdampak terhadap kebugaran fisik. Selain dari energinya, bunga segar memberikan aroma harum, sehingga mandi bunga memberi manfaat sebagai terapi energi bunga dan sekaligus terapi aroma bunga (aromaterapi). Tom Suhalim, seorang praktisi energi bunga, menegaskan mandi bunga berkhasiat mengobati seseorang dengan cara memperbaiki auranya. Hal ini menjadikan seseorang 'bersinar', penuh percaya diri, bahagia.

Ketika pada tahun 1 930-an seni penyembuhan menggunakan energi bunga ini digali dan dipopulerkan oleh ilmuwan Dr. Edward Bach, seorang patobakteriologis (ahli penyakit akibat bakteri), terapi energi bunga menjadi makin dikenal dan banyak diteliti. Dari hasil risetnya, Bach berhasil meracik 38 jenis formulasi energi bebungaan (tentu saja bunga-bunga negeri empat musim yang tumbuh di Barat) untuk menyembuhkan gangguan/penyakit fisik maupun nonfisik. Racikan formulasi energi bebungaan ini dibuat dalam bentuk pil-pil mini.

Berkat jasa Bach, sejak saat itu pengobatan menggunakan energi bunga dikenal dengan sebutan Bach flower remedies, terapi menggunakan energi bebungaan menurut metode Bach. Kini pengetahuan orang terhadap pemanfaatan energi bunga untuk penyembuhan sudah semakin luas, dan penelitian pun sudah semakin banyak dilakukan. Karena itu, pengobatan menggunakan energi bunga tidak lagi menggunakan embel-embel nama Bach (Bach flower remedies), meskipun sebutan itu tidak hilang sama sekali. Kini sebutannya lebih umum, yakni terapi energi bunga (flower energy medicine).

Mandi Bunga: Kekuatan Energi dan Aroma

Selama berpuluh hingga beratus tahun kita telah memanfaatkan energi yang terpancar dari gelombang energi yang tak teramati secara kasat mata. Getaran energi radio, sinar X, sinar infra merah, dan sinar ultra violet telah lama dimanfaatkan dalam praktik pengobatan kedokteran modern. Hal ini menyadarkan kita terhadap adanya fakta bahwa gelombang energi yang tak kelihatan juga dapat digunakan untuk pengobatan. Cahaya, suara, dan aroma kini banyak dimanfaatkan vibrasinya alias getaran energinya untuk pengobatan. Dari sini kemudian lahir istilah pengobatan menggunakan kekuatan energi (energy/vibrational medicine), salah satunya adalah terapi energi bunga. Terapi energi termasuk cara pengobatan paling murni dan paling tua. Kekuatan energinya aman dan lembut, sehingga aman untuk mengobati bayi hingga orang tua, perempuan maupun laki-laki. Kekuatan energi tak kelihatan ini sulit dimanipulasi, tapi terpancar secara alami dari aneka bunga, yang menjadikannya sarana yang sempurna untuk pengobatan.

Dengan memanfaatkan bunga segar sebagai sarana terapi, misalnya dengan mandi rendam dalam air bunga, kombinasi antara energi yang dipancarkan dengan aromanya mampu menembus tubuh fisik (physical body) dan sekaligus lapisan-lapisan tubuh nonfisik/halus (subtle bodies). Perbaikan terhadap tubuh nonfisik ini, menurut Tom, dapat dideteksi menggunakan EAV (Electro Accu-pont Value). Dengan alat ini kita dapat mengamati peningkatan energi positif pada titik-titik meridian dalam tubuh kita. Bisa juga diperiksa menggunakan AVS (Aura Video Station), yakni alat pemindai aura, guna melihat perubahan kualitas aura kita.

Terapi energi bunga bekerja pada aspek psikosomatik dari suatu penyakit. Energi positifnya akan menghapus ketidakseimbangan energi -yang memicu gejalagejala penyakit yang kita rasakan- dalam tubuh kita. Dalam kasus pengobatan penyakit, frekuensi gelombang positif dalam bunga membantu menyeimbangkan lingkungan -dalam- tubuh secara terus-menerus. Itulah sebabnya mengapa terapi energi bunga sangat efektif untuk mengatasi penyakit kronis, khususnya untuk kasus di mana penyebabnya tak mudah dideteksi dan gejalanya muncul-hilang muncul-hilang.

Beda dengan Aromaterapi

Selama ini kita lebih mengenal aromaterapi sebagai terapi yang juga menggunakan bunga. Namun, meski sama-sama memanfaatkan bunga sebagai bahan dasar untuk terapi, terapi energi bunga dan terapi aroma (aromaterapi) tidaklah sama.

Aromaterapi, yang produknya sudah banyak kita kenal, dari lilin, minyak pijat, hingga biang aroma, menggunakan minyak sari bunga atau sari tumbuhan yang disuling dari bebungaan atau tetumbuhan tertentu. Terapi energi bunga memanfaatkan sari bunga dengan cara mengambil energinya, bukan inti aromanya. Beda lainnya, aromaterapi bisa berasal dari sari tetumbuhan non-bunga, semisal serai, sedangkan terapi energi bunga sepenuhnya menggunakan bunga.

Secara praktis, energi bunga dapat diambil dengan bantuan sinar ultra violet dari sinar matahari. Bunga-bunga dipilih yang tengah mekar sempurna. Setelah dipetik, bunga-bunga ditaburkan di dalam wadah berisi air. Setelah dijemur langsung selama beberapa jam di bawah matahari, energi bunga akan larut ke dalam air. Biasanya butuh waktu sedikitnya 3 - 4 jam. Lebih baik lagi jika menggunakan wadah kaca kristal, karena kristal memiliki kemampuan tinggi melarutkan energi bunga ke dalam air. Nah, airyang telah mengandung energi bunga inilah yang kita manfaatkan untuk pengobatan.

Tanpa menyertakan bunga-bunganya, airnya ditampung. Air mengandung energi bunga ini kemudian ditempatkan dalam botol kaca bertutup yang tidak tembus cahaya dan dijauhkan dari jangkauan sinar matahari, agar energinya tidak rusak. Ada juga yang mencampurkan brandyatau alkohol ke dalam airyang mengandung energi bunga tersebut, untuk "mengikat" energinya. Sebagai sarana terapi, air bunga ini bisa digunakan seperlunya saja. Bisa hanya beberapa tetes saja.

Menurut Tom, terapi energi bunga dapat dimanfaatkan sebagai terapi utama (terapi tunggal untuk mengatasi penyakit) atau terapi komplementer (terapi pendamping bersama terapi lain). Untuk gangguan fisik, Tom menyarankan terapi energi bunga dilakukan sebanyak 3 - 6 kali dalam sehari. Sedangkan untuk mengatasi gangguan nonfisik, seperti gangguan emosi, terapi energi bunga cukup dilakukan 1-3 kali dalam sehari.

Berdasarkan pengalamannya, Tom menyimpulkai penyembuhan gangguan fisik dengan terapi energi bunga umumnya membutuhkan waktu lebih cepat daripada gangguan nonfisik. Hanya saja, jika masalah kesehatan fisil tersebut diakibatkan oleh gangguan nonfisik, misalnya penyakit fisik yang muncul akibat gangguan emosional waktu penyembuhannya bisa lebih lama.

Bisa untuk obat dalam maupun obat luar

Terapi energi bunga dapat dilakukan dengan dua cara, yakni diminum (oral) sebagai obat dalam dan digunakan di luar tubuh, misalnya digunakan untuk mandi dan/atau berendam. Air mengandung energi bunga yang bisa dibuat sendiri, bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai terapi luardalam, untuk diminum maupun mandi-rendam. Untuk terapi oral, jika mau praktis kini telah tersedia pil-pil mini mengandung energi bunga yang telah diformulasikan, sehingga khasiatnya sudah lebih terfokus.

Untuk mendapatkan pil tersebut, sebaiknya Anda menghubungi ahli terapi energi bunga, agar kita mendapatkan pil yang tepat sesuai dengan gangguan yang kita alami. Hanya saja, menurut Sumarsono Wuryadi, Reiki Master dan penyembuh yang juga melayani terapi energi bunga dari Graha Sanjiwani Jakarta, pil ini harganya tidak murah. Karena itu, Marsono sampai harus menjual pil tersebut secara satuan, agar pasien tak mampu bisa mendapatkannya.

Kebiasaan mandi bunga, seperti yang lazim dilakukan masyarakat Jawa guna mengatasi gangguan psikis, menurut Tom, sebenarnya sudah cukup dapat menggantikan penggunaan pil, terutama untuk mengatasi gangguan ringan sehari-hari. Cara kerjanya sama saja dengan terapi energi bunga yang menggunakan pil yang mengandung energi bunga. Tom mengatakan keduanya berkhasiat mengobati dengan cara memperbaiki aura seseorang.

Perbedaannya, menurut Tom, terapi energi bunga dengan minum pil, terutama dari jenis bebungaan tertentu, pengaruhnya pada seseorang dapat mencapai tubuh lapis keempat (mental body) hingga tubuh lapis ketujuh (spiritual body). Sementara dengan mandi bunga, kekuatan energinya hanya mempengaruhi tubuh hingga lapis kedua saja (emotional body). Walaupun demikian, Tom meyakinkan, terapi mandi bunga ini pun sudah berkhasiat menyembuhkan, karena pada umumnya permasalahan kita memang berada pada tubuh lapis kedua ini.

Agar hasilnya memuaskan, Tom mengingatkan, sebelum digunakan untuk mandi-rendam, rendam dulu bebungaan dalam air dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Berdasarkan pengalaman, Tom menyarankan sejumlah bunga lokal yang bisa digunakan untuk terapi energi bunga dengan cara mandi bunga, di antaranya mawar aneka warna, anggrek bulan, anggrek ungu -seperti dendrobium ungu maupun katleya ungu-, teratai, lotus, lili, krisan.

Khasiat Energi Bunga, Bisa dari Warnanya

Kesehatan yang baik tercermin dari adanya keseimbangan vibrasi antarbagian di dalam tubuh kita, khususnya antara tubuh fisik, tubuh mental, dan tubuh spiritual kita. Tanda-tanda dari adanya keseimbangan tersebut adalah kesehatan fisik yang baik dan terjaga, adanya vitalitas, serta merasakan hidup yang membahagiakan.
Namun keseimbangan energi ini rawan dari gangguan yang datang baik dari luar tubuh kita -seperti polusi lingkungan- maupun dari dalam tubuh kita sendiri, misalnya pola makan yang buruk, gangguan tidur, pikiran negatif, tekanan emosional. Jika stres atau pikiran buruk terus-menerus kita pelihara, tubuh fisik kita akan terus mengalami kebocoran energi yang dikucurkan oleh tubuh nonfisik kita. Hal ini bisa kita rasakan akibatnya berupa perasaan lelah, pikiran tak menentu (moody), dan tertekan.

Berbeda dari pengobatan fisik, terapi energi bunga mampu menembus lapisan tubuh kita lebih dalam dan menyeluruh, hingga ke lapisanlapisan tubuh nonfisik. Dalam tubuh fisik kita, setiap sel mampu menerima energi cahaya. Namun ketika sel diberi energi warna yang berasal dari bunga, energi ini akan memperbaiki pertumbuhan dan sifat sel. Dengan kata lain, terapi energi bunga mampu mempengaruhi tubuh kita hingga ke bagian paling inti dari tubuh fisik kita, tak terkecuali DNA.

Untuk keperluan praktis, kita bisa langsung minum pil mini formulasi menurut metode Bach. Namun jika ingin memetik khasiat dari bunga-bunga lokal yang terdapat di sekitar kita, terutama untuk keperluan mandi-rendam, kita bisa menggunakan acuan warna bunga seperti yang disarankan Suzy Chiazzari. Suzy adalah seorang pengajar terapi warna dan pengobatan menggunakan vibrasi di Iris International School of Colour Therapy di Devon, Inggris, serta penulis buku Colour Scents dan Flower Readings. Nah, selamat mandi bunga. (N)

Untuk menjaga kesehatan Dr Diana menggunakan energi dari cahaya matahari yang diserap oleh bunga.

Teori Warna

Warna putih maka cahaya yang disimpan akan diolah kemudian semua spectrum warna akan dipancarkan kembali.

Warna hitam maka cahaya yang disimpan akan diolah kemudian semua spectrum warna akan diserap dan tidak dipancarkan kembali.

Warna hijau maka cahaya yang disimpan akan diolah kemudian semua spectrum warna akan diserap kecuali warna hijau untuk dipancarkan kembali

Energi yang timbul merupakan hasil fotosintesa yang terjadi dari penyerapan cahaya matahari dalam proses metabolisme bunga – bunga tersebut. Energi ini sangat cocok untuk memulikan kesehatan organ tubuh kita yang sedang dalam keadaan sakit. Bagian tubuh yang sakit mengalami penurunan atau peningkatan energi, akibat gangguan atau tidak keseimbangan energi karena penyakit. Untuk itu perlu pemulihan kembali energi yang tidak seimbang tersebut dengan cara menggunakan energi yang dihasilkan oleh bunga yang berwarna sesuai dengan organ yang sakit.

Terapi energi bunga sangat mudah dan gampang yaitu asal kita tahu bahwa relasi antara organ yang sakit dengan energi bunga yang sesuai dengan frekwensinya maka segala penyakit akan mudah diatasi. Landasan teori yaitu cara kerja garpu tala.

Setiap garpu tala yang frekwensinya sama akan bergetar atau berbunyi apabila kita memukul satu garpu tala dengan frekwensi yang sama sedang frekwensi yang berbeda tidak akan bergetar atau berbunyi. Artinya apabila kita menggunakan suplemen yang sesuai dengan masalah kita maka manfaat untuk kesehatan sangat besar sedangkan suplemen yang tidak jelas dengan masalah yang anda hadapi hanya membuang waktu saja .

Cara Menggunakan Energi Bunga Secara Tradisional

Ambil bunga yang sedang mekar secara penuh kemudian taruh ke dalam gelas kristal yang berisi air. Gelas tersebut kemudian anda jemur dibawah sinar matahari untuk melarutkan energi bunga ke media air selama 3 – 5 jam. Air tersebut jangan sampai tersentuh media logam atau tangan kita karena frekwensi akan berubah tidak sesuai lagi dengan yang kita inginkan. Air yang berisi energi bunga ini dapat anda minum atau semprotkan ke tubuh yang sakit.

Kelemahan cara ini adalah kita tidak tahu dengan pasti frekwensi energi bunga tersebut, proses lama, perlu hati-hati dan bunga tidak selalu tersedia setiap saat.

Cara Menggunakan Energi Bunga Secara Modern

Untuk mengatasi ini Dr Diana menciptakan produk suplemen energi bunga yang diberi nama Harmonizer Formula ( HF). Dengan pengawasan yang sangat ketat dari "GMP Laboratory" Inggeris, Dr Diana membuat produk supplemen energi bunga.

Teknologi
Produk sari pati bunga tersebut diolah menjadi larutan murni tidak mengandung bahan kimia yang dapat mendatangkan bahaya untuk badan, tidak juga mengandung zat pengawet, pewarna, garam, penyedap rasa atau zat lain.

Proses
Larutan sari pati bunga diproses secara ilmiah dengan teknologi yang sangat maju diteteskan pada tablet placebo ( tablet kosong ) yang terbuat dari bahan gula sucrose, sehingga menyatu dengan tablet placebo tersebut sebagai bahan pelapis saja.

Pengukuran
Pelapisan larutan sari pati bunga tadi hanya dengan volume yang sangat kecil dan tipis sekali, sehingga setiap formula tidak akan terlihat oleh mata dan sangat sulit dites dengan peralatan labotarium. Namun demikian, energinya dapat diukur dengan menggunakan alat " GALVANOMETER ". Satuan ukuran yang digunakan adalah nanometer yaitu ukuran panjang gelombang yang dihasilkan oleh getaran energi yang terkandung didalam masing-masing formula dan sangat cocok untuk recharge berbagai energi tubuh yang sudah lumpuh akibat berbagai penyakit.

Konsep Energi Bunga

Sebuah handphone yang anda miliki apabila baterainya melemah maka yang terjadi adalah gangguan komunikasi terputus-putus. Untuk menggunakan kembali baterai harus di charge dulu.

Jarang orang mengetahui bahwa seringnya menggunakan handphone dapat membahayakan medan energi listrik didalam tubuh yang berguna untuk kontrol dan gerak jutaan saraf, kelenjar dan hormon-hormon yang dapat mengatur fungsi tubuh, emosi dan kejiwaan seseorang. Untuk mengatasi gangguan elektromagnet gunakan HV Harmonizer yaitu suatu produk vibrational energi yang dapat menetralisir medan elektromagnet handphone agar tidak membahayakan pemakainya. ( stok terbatas harga Rp 121 ribu - produk dari Inggris )
Lampu listrik yang mempunyai tegangan normal 220 volt apabila tegangan listrik turun menjadi 200 volt, maka lampu akan redup akibatnya peralatan elektronik yang ada di rumah cepat rusak.

Demikian juga yang terjadi dalam sistem tubuh manusia, jika energi tubuh tidak seimbang maka akan terjadi kelainan organ atau sel-sel saraf secara cepat atau perlahan-lahan menuju kerusakan / kematian. Agar hal ini tidak terjadi anda harus menjaga keseimbangan energi dengan cara istirahat dan pola makan yang teratur apabila ini tidak terpenuhi maka anda dapat menggunakan suplemen energi bunga yang sesuai untuk dapat mengatasinya

Dalam perawatan kesehatan dengan energi bunga tidak menggunakan konsep satu suplemen bisa untuk mengatasi semua penyakit karena cara tersebut jelas membagi kekuatan energi menjadi beberapa bagian kecil energi sehingga proses penyembuhan tersebut akan memerlukan waktu yang lama dan tidak terarah.

Saat anda mengalami masalah atau sakit yang diperlukan adalah istirahat atau tidur agar tubuh anda dapat memperbaiki masalah tersebut. Misalkan waktu yang diperlukan adalah 8 jam istirahat sedangkan tugas anda "A" harus tetap berjalan maka solusinya adalah menyewa orang untuk menjalankan tugas "A" tersebut selama 8 jam.

Masalahnya orang tersebut ternyata mempunyai 4 tugas yang berbeda yaitu "A", "B", "C" dan "D" maka yang terjadi adalah tugas "A" hanya dikerjakan selama 2 jam dan membangunkan anda untuk melanjutkan tugas tersebut padahal anda masih membutuhkan waktu 6 jam untuk istirahat akibatnya anda harus bangun dengan kondisi yang belum sehat untuk melanjutkan tugas tersebut. Anda akan merasa mengalami masalah lagi dst...

Oleh karena itu anda harus tahu terlebih dahulu tubuh bagian mana yang kekurangan energi kemudian mencharge atau  mengisi 100% energinya. Dengan penuhnya energi tubuh maka proses penyembuhan berjalan dengan cepat dan terarah. Garansi anda akan merasakan manfaatnya dalam waktu 1 - 3 bulan (masalah ringan), waktu 3 - 6 bulan (masalah agak berat ) dan waktu 6 - 12 bulan (masalah berat ).

Sumber: Terapi Bunga untuk Kesehatan Anda
photo courtesy of pegipegi.com

Popular posts from this blog

Dengan Proyeksi Astral Anda Dapat Berpesiar Kemana Saja!

Pernahkah Anda merasa melayang-layang diatas awan seperti Gatotkaca?  Pernahkah Anda tiba-tiba melihat diri Anda sendiri terbujur di ranjang, dan anda melayang diatasnya?  Mungkin tanpa sadar anda telah melakukan Proyeksi Astral . Tubuh Astral Anda keluar dari tubuh fisik dan melayang kemana saja, bahkan mungkin anda mengunjungi teman, keluarga atau kekasih Anda. Proyeksi Astral tanpa sengaja semacam ini sering terjadi saat kita tidur di malam hari, dan hal ini kita tafsirkan sebagai mimpi. Namun sebenarnya Proyeksi Astral dapat kita lakukan dengan sengaja, bila kita telah tahu mekanismenya. Dan secara tradisional ilmu tentang Proyeksi Astral ini disebut dengan istilah Meraga Sukma atau Ngrogoh Sukmo. Banyak cara untuk dapat melakukan Proyeksi Astral, namun menurut hemat saya cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan meditasi visualisasi . Dengan menggunakan cara ini, setelah Anda memasuki keheningan yang dalam , Anda dapat visualisasikan tubuh astral mening

Seroja Bali | Lokakarya Divine Healing

Seroja Bali | Divine Healing merupakan teknik penyembuhan secara spiritual yang menggunakan energi Illahi, dimana sumber utama energi yang kita akses untuk tujuan penyembuhan spiritual berasal dari Tuhan Yang Maha Pengasih yang merupakan sumber dari segala bentuk kehidupan. Energi Illahi sangat ampuh dan dapat menyembuhkan banyak penyakit yang dilakukan dengan menyalurkan energi alam semesta melalui energi para suci ke jiwa dan tubuh eterik penyembuh. Penyembuh kemudian dapat meneruskannya ke tubuh eterik pasien dan tubuh fisik. Energi Illahi tersebut memiliki kecerdasan kesadaran sendiri, sehingga tahu kemana harus pergi dan bagaimana harus bekerja tanpa perlu diarahkan oleh penyembuh. Energi tersebut menyebar ke daerah yang terkena penyakit dan menyembuhkannya. Jika energi Illahi berada atau diam di sekitar chakra tertentu, ia bekerja disana dan menyembuhkan daerah tubuh sekitarnya. Energi berpenyakit dibuang atau dikeluarkan, semua chakra beraksi lebih aktif

Kaitan Emosi dan Tingkat Spiritualitas

Emosi psikologis adalah hasil dari pikiran yang dapat menjadi selubung gelap di sekitar Jiwa/ Roh kita, Sehingga emosi akan menjauhkan kita dari hakekat adanya Tuhan di dalam diri kita. Ketika seseorang tumbuh secara spiritual, kemungkinan orang tersebut untuk bertindak secara emosional akan berkurang. Karena dia sudah mencapai kondisi pikiran yang lebih seimbang, sehingga tidak lagi mudah emosional. Seorang wanita muda pada tingkat pencapaian spiritual yang masih rendah mung kin akan melempar makian dan marah-marah bila tidak mendapatkan pelayanan seperti yang diingankan, dan kemungkinan dia akan tenggelam dalam kegalauan selama berhari-hari dalam melampiaskan kekecewaannya. Namun bila mereka telah mencapai tingkat pencapaian spiritual yang lebih tinggi, maka mereka akan dapat tetap tenang, bahkan saat mendapat berita yang lebih dahsyat lagi, misalnya didiagnosa dengan penyakit yang tidak bisa disembuhkan seperti kanker atau AIDS. Demikianlah, semoga menjadi ba