Skip to main content

5 Tips Agar Lebih Bahagia di Kantor


Menurut sebuah penelitian, kebahagiaan para pekerja berbanding lurus dengan produktivitas mereka. Maka sudah sepantasnya baik pengusaha maupun pekerja mencari dan menerapkan cara agar lebih bahagia di kantor demi kemajuan bisnis mereka.

Saat ini, banyak pekerja yang stres karena pekerjaan. Sayangnya, mereka yang rentan stres banyak yang belum menyadari pentingnya melakukan pengelolaan terhadap stres. Kerentanan mereka juga bisa makin diperparah dengan kian sulitnya perekonomian dan tekanan pekerjaan. Untuk meminimalkan risiko terhadap stres sebagaimana gambaran di atas, beberapa cara agar lebih bahagia di kantor di bawah ini mungkin efektif untuk Anda jalani.

Jangan Mencari Musuh

Sebuah penelitian mengatakan bahwa agar bisa bahagia di kantor, salah satu cara terbaik adalah menjalin pertemanan dengan rekan kerja. Hal ini cukup beralasan mengingat dengan terjalinnya hubungan baik dengan rekan kerja dapat membuat Anda makin semangat pergi ke kantor. Selain itu, ikatan Anda dengan kantor akan makin erat dengan banyaknya rekan kerja yang menjadi teman.

Jika Anda merasa memiliki ikatan yang baik dengan kantor dan orang-orang di dalamnya, pekerjaan bisa jadi tidak akan dianggap sebagai beban. Rasa saling memiliki ini bahkan mungkin menjadi jembatan bagi Anda untuk selalu bersemangat ke kantor demi bercengkrama dengan teman-teman.

Berhenti Berusaha Menyenangkan Semua Orang

Salah satu cara agar lebih bahagia di kantor adalah dengan mengambil pekerjaan sesuai porsi. Hindari selalu menyetujui apa yang ditugaskan oleh atasan sementara sebenarnya Anda tidak sanggup. Berkata tidak sesekali diperlukan terutama apabila pekerjaan tersebut tidak mampu Anda selesaikan.

Jujurlah kepada atasan jika Anda merasa tidak sanggup melaksanakan sebuah pekerjaan karena hal itu dapat membuat Anda lebih bahagia. Namun tentu saja tidak semua pekerjaan harus ditolak, malah jika perlu ajukan diri pada sebuah pekerjaan yang sejatinya sanggup Anda kerjakan. Hal ini lebih baik dilakukan daripada Anda mencoba menyenangkan semua orang karena hal tersebut bisa berujung kepada kian menumpuknya beban yang bisa membawa diri sendiri ke dalam lingkaran stres.

Percayalah, pekerjaan Anda Bermakna Bagi Banyak Orang
 

Menemukan makna dari pekerjaan merupakan salah satu cara agar lebih bahagia di kantor. Percayalah bahwa tiap pekerjaan dapat memiliki makna bagi kehidupan tanpa perlu menduduki suatu jabatan yang bergengsi. Apa pun posisi pekerjaan Anda, temukan alasan kenapa harus melakukannya sebaik mungkin. Jika alasan dan makna tersebut telah Anda temukan, maka bukan hal yang sulit untuk dapat merasakan kebahagiaan di kantor.

Wajar jika Anda pernah merasa bosan dengan aktivitas sehari-hari hingga melupakan tujuan di balik makna dari pekerjaan itu sendiri. Terjebak rutinitas yang sama memang terkadang dapat mengaburkan alasan sesungguhnya kenapa Anda memilih pekerjaan yang dijalani saat ini. Untuk menemukan kembali hal tersebut, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengingatkan diri tentang betapa berartinya pekerjaan yang dijalani saat ini.

Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Kantor

Keluarga di rumah adalah orang-orang yang kita sayangi dan pedulikan. Masalah yang menimpa mereka bisa membuat pikiran kita dipenuhi oleh kesedihan dan kekalutan. Sisi psikologis yang satu ini berisiko berdampak kepada faktor pendukung kebahagiaan di kantor. Sewajarnya, masalah di kehidupan pribadi bisa dikesampingkan ketika Anda sedang berada di kantor agar ketenangan dan kenyamanan bekerja bisa tetap dipertahankan. Namun jika masalah pribadi yang Anda alami begitu penting, maka tidak ada salahnya untuk mengambil cuti. Jangan sampai fokus Anda terbagi dua dengan tugas di kantor.

Hindari Menunda Pekerjaan

Salah satu cara lain agar lebih bahagia di kantor sebenarnya cukup mudah dilakukan hanya saja memerlukan konsistensi, misalnya dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Meski hal ini terkesan sepele, namun tetap membutuhkan konsistensi Anda dalam melakukannya. Dengan mengerjakan tugas kantor sesuai jadwal, maka hal itu bisa mendatangkan rasa bangga pada diri sendiri sehingga memicu kepuasan.

Lagi pula, menunda pekerjaan pada akhirnya hanya akan membuat Anda terbenam ke dalam tumpukan pekerjaan untuk dikerjakan secara terburu-buru yang pada akhirnya memicu stres. Selain tidak menangguhkan pekerjaan yang ada, pilihlah penyelesaian berdasarkan prioritas.

Menerapkan cara agar lebih bahagia di kantor bisa dilakukan sesegera mungkin agar Anda makin puas dengan kehidupan yang dijalani. Karena kebahagiaan seseorang di kantornya berkorelasi erat dengan kebahagiaan orang tersebut dalam menjalani hidupnya.

Love~light~joy
Sonny Sumarsono Wuryadi
Photo courtesy of epictimes.com

Popular posts from this blog

Dengan Proyeksi Astral Anda Dapat Berpesiar Kemana Saja!

Pernahkah Anda merasa melayang-layang diatas awan seperti Gatotkaca?  Pernahkah Anda tiba-tiba melihat diri Anda sendiri terbujur di ranjang, dan anda melayang diatasnya?  Mungkin tanpa sadar anda telah melakukan Proyeksi Astral . Tubuh Astral Anda keluar dari tubuh fisik dan melayang kemana saja, bahkan mungkin anda mengunjungi teman, keluarga atau kekasih Anda. Proyeksi Astral tanpa sengaja semacam ini sering terjadi saat kita tidur di malam hari, dan hal ini kita tafsirkan sebagai mimpi. Namun sebenarnya Proyeksi Astral dapat kita lakukan dengan sengaja, bila kita telah tahu mekanismenya. Dan secara tradisional ilmu tentang Proyeksi Astral ini disebut dengan istilah Meraga Sukma atau Ngrogoh Sukmo. Banyak cara untuk dapat melakukan Proyeksi Astral, namun menurut hemat saya cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan meditasi visualisasi . Dengan menggunakan cara ini, setelah Anda memasuki keheningan yang dalam , Anda dapat visualisasikan tubuh astral mening

Seroja Bali | Lokakarya Divine Healing

Seroja Bali | Divine Healing merupakan teknik penyembuhan secara spiritual yang menggunakan energi Illahi, dimana sumber utama energi yang kita akses untuk tujuan penyembuhan spiritual berasal dari Tuhan Yang Maha Pengasih yang merupakan sumber dari segala bentuk kehidupan. Energi Illahi sangat ampuh dan dapat menyembuhkan banyak penyakit yang dilakukan dengan menyalurkan energi alam semesta melalui energi para suci ke jiwa dan tubuh eterik penyembuh. Penyembuh kemudian dapat meneruskannya ke tubuh eterik pasien dan tubuh fisik. Energi Illahi tersebut memiliki kecerdasan kesadaran sendiri, sehingga tahu kemana harus pergi dan bagaimana harus bekerja tanpa perlu diarahkan oleh penyembuh. Energi tersebut menyebar ke daerah yang terkena penyakit dan menyembuhkannya. Jika energi Illahi berada atau diam di sekitar chakra tertentu, ia bekerja disana dan menyembuhkan daerah tubuh sekitarnya. Energi berpenyakit dibuang atau dikeluarkan, semua chakra beraksi lebih aktif

Kaitan Emosi dan Tingkat Spiritualitas

Emosi psikologis adalah hasil dari pikiran yang dapat menjadi selubung gelap di sekitar Jiwa/ Roh kita, Sehingga emosi akan menjauhkan kita dari hakekat adanya Tuhan di dalam diri kita. Ketika seseorang tumbuh secara spiritual, kemungkinan orang tersebut untuk bertindak secara emosional akan berkurang. Karena dia sudah mencapai kondisi pikiran yang lebih seimbang, sehingga tidak lagi mudah emosional. Seorang wanita muda pada tingkat pencapaian spiritual yang masih rendah mung kin akan melempar makian dan marah-marah bila tidak mendapatkan pelayanan seperti yang diingankan, dan kemungkinan dia akan tenggelam dalam kegalauan selama berhari-hari dalam melampiaskan kekecewaannya. Namun bila mereka telah mencapai tingkat pencapaian spiritual yang lebih tinggi, maka mereka akan dapat tetap tenang, bahkan saat mendapat berita yang lebih dahsyat lagi, misalnya didiagnosa dengan penyakit yang tidak bisa disembuhkan seperti kanker atau AIDS. Demikianlah, semoga menjadi ba

BLOG ENTRY

Show more